Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Air PDAM Kecil: Pilih Mandi Dulu Atau Cuci Piring

TANGERANG – Sejak satu setengah bulan lalu, kucuran air PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang terus mengecil ke permukiman penduduk di sejumlah kampung di wilayah Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Sontak kucuran air mengecil dimulai 17 Agustus 2020 itu dikeluhkan pelanggan karena menyusahkan pemakaian air sehari-hari rumah-tangga. Kini, air PDAM hanya bisa dipakai nyaman untuk satu kran saja, semisal saat mandi memakai pancuran air, air tak bisa dipakai untuk mencuci piring.

Begitupun saat dipakai mencuci pakaian di mesin cuci di pagi hari, maka warga tak bisa menyiram tanaman di halaman rumahnya. Bahkan beberapa warga yang air PDAM-nya disalurkan naik ke tangki air yang ditempat di atap, kini tak bisa lagi.

“Pokoknya jadi ribet di setiap harinya…” tutur Ny Dyah, warga Kampung Sukamanah, Kamis (24/9/2020). Kondisi serupa ini dikeluhkan warga di Kampung Sukahati, Sukabakti, dan sejumlah kampung lain di wilayah Kelurahan Sukasari.

Dituturkan warga, kondisi kucuran air PDAM mengecil dimulai saat adanya perbaikan jaringan perpipaan PDAM di kawasan pusat Kota Tangerang, yang sesuai pengumuman PDAM TKR dilakukan pada tanggal 16 dan 17 Agustus 2020.

Informasi diperoleh, mengecilnya kucuran air PDAM di pusat kota karena adanya pengalihan kucuran air dari Instalasi Cikokol ke Instalasi Babakan yang melayani pelanggan. Peralihan inipun, disebut-sebut sebagai antisipasi PDAM TKR terkait adanya rencana pengambil-alihan layanan air PDAM dari PDAM TKR Kabupaten Tangerang ke PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang.

“Wah kalau begini mah pelanggan yang jadi korban terkait adanya rencana peralihan layanan produksi air PDAM dari dua daerah itu. Pelanggan jadi dirugikan…” tambah Haru, warga Sukasari lainnya.

Belum diketahui kebijakan PDAM TKR Kabupaten Tangerang atas keluhan pelanggan di pusat Kota Tangerang ini. Yang pasti, sejumlah pelanggan telah menyampaikan keluhannya kepada PDAM TKR secara informal dan formal. [ch djamal / cdjamal@yahoo.com]

(Visited 13 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *