Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Dinas LH Gelar Sedekah Sampah Manfaatkan Momen MTQ

TANGERANG – Momen MTQ XVI Provinsi Banten 2019 dimanfaatkan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang menggelar program Sedekah Sampah dengan membuka gerai sedekah sampah di setiap sudut venue MTQ di kawasan Puspem Kota Tangerang.

Buece Gartina, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, menjelaskan dalam waktu tiga hari pihaknya berhasil mengumpulkan tidak kurang dari 300 kilogram sampah plastik yang dapat didaur ulang.

“Ini adalah salah satu upaya mengurangi volume sampah yang dikirim ke TPA Rawa Kucing. Dan alhamdulillah warga antusias menyambut baik program ini,” ujar Buece, Kamis (28/3/2019).

Menurutnya, program sedekah sampah yang sengaja disediakan pada pagelaran MTQ diharapkan dapat meningkatkan dan memberikan edukasi. Khususnya bagi warga Kota Tangerang bahwa sampah dapat menjadi ladang pahala.

“Biasanya mereka langsung membuang seluruh sampahnya, di sini kami mencoba memberikan pengertian kepada masyarakat agar memilah sampah sebelum dibuang untuk disedekahkan,” ucapnya.

Ia menambahkan dalam program sedekah sampah masyarakat mendapatkan tiga keuntungan sekaligus. Yakni solusi pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui pendekatan kesehatan dan agama.

“Dari mulai pengunjung, bahkan ada juri MTQ yang ikutan bersedekah sampahnya,” ungkapnya. [hms]

(Visited 123 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *