Hari Mangrove Sedunia, 2.000 Mangrove Ditanam di Ketapang

TANGERANG [ProBENTENG] – Relawan pesisir bersama Dinas Perikanan dan Bapeda Kabupaten Tangerang menggelar bakti sosial dengan mengajarkan masyarakat pesisir utara Kabupaten Tangerang menanam pohon Mangrove secara benar.

Acara digelar Senin (26/7/2021) dalam kaitan peringatan Hari Mangrove Sedunia di kawasan Ketapang Urban Aquaculture, Kecamatan Mauk.

Petugas Dinas Perikanan, Hari Mahardika, mengatakan kegiatan sebagai Project Management Office (PMO) Integrated Coastal Management Kabupaten Tangerang. “Sebanyak dua ribu pohon Mangrove ditanam dalam kegiatan ini.”

Ada 4 jenis spesies Mangrove yang ditanam, yakni Rhizopora stilossa, R Apiculata, Bruguiera Cylindrica dan Avicienna marina, paparnya. Inipun sebagai bagian dari Kabupaten Tangerang yang telah menjadi partnership Pengelolaan Pesisir Internasional dalam PAMSEA (organisasi kemitraan pengelolaan laut dan pesisir Negara-Negara di Asia Timur) sejak tahun 2016.

Diinformasikan luas lahan Ketapang Urban Aquaculture selutuhnya  14,5 hektar dan telah ditanami 14 jenis spesies. Di antaranya Rhizopora Stilossa, R Apiculata, R Mucronata, Avicienna Marina, A Lanata, A Oficinalis, Bruguiera Cylindrica, B Gymnoriza, Sonneratia Casiolaris, S Alba, Ceriop Tagal, Xylocarpus Granatum, Lumnitzera Racemosa, dan Nypa Fruitican.

Karenanya diharapkan agar semua pihak bisa turut terlibat dalam penanaman Mangrove ini, terutama dari rekan-rekan SKPD di Kabupaten Tangerang. [cd]

(Visited 10 times, 1 visits today)
Exit mobile version