Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Ayo Update Harga Pangan di Pasar Tradisional Kota Tangerang

TANGERANG – Memudahkan masyarakat mengakses harga pangan di pasar-pasar tradisional, Pemkot Tangerang melalui Disperindag Kota Tangerang telah menciptakan Aplikasi Segar.

Dalam aplikasi ini terrangkum informasi harga-harga pangan bersifat real-time yang di-update di setiap harinya yang berlaku di sejumlah pasar tradisional milik Pemkot Tangerang.

“Inisiatif pengembangan Aplikasi Segar ini sejalan dengan arahan Walikota Tangerang dalam Program Live City, di mana perlu dikembangkannya sistem informasi pangan dan sistem koordinasi pengendalian harga pangan dalam skala lokal,” kata H Junijar, Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindag Kota Tangerang, Rabu (22/2/2018).

Menurutnya Aplikasi Segar cukup penting bagi masyarakat untuk mengetahui harga pangan, sehingga sebelum berangkat ke pasar mereka sudah mengetahui apa jenis pangan dan berapa harga yang ingin dibeli. Hal ini memudahkan masyarakat dalam memanajemen pengeluaran, khususnya di era digital saat ini, sebab hanya dari handphone saja masyarakat sudah mengetahui harga-harga pangan.

Fungsi lainnnya, masyarakat dapat mengetahui harga pangan di sejumlah pasar ketika ada kenaikan harga. “Dari informasi harga pangan di Aplikasi Segar pula kita akan menentukan strategi operasi pasar,” imbuh Junizar.

 

INFO HARGA REALTIME

H Junijar, Kabid Perdagangan Disperindag Kota Tangerang. *

Junijar memaparkan Aplikasi Segar telah diluncurkan sejak 2016. Program ini merupakan kerjasama 3 OPD, yakni Disperindag Kota Tangerang sebagai leading sector, PD Pasar Kota Tangerang sebagai pencatat harga pangan, serta Kominfo Kota Tangerang sebagai pembuat aplikasi dan maintenance.

“Info harga yang tertera adalah harga pangan di 6 pasar tradisional yang tergabung, yakni Pasar Anyar, Pasar Poris, Pasar Jatiuwung, Pasar Malabar, Pasar Bandeng, dan Pasar Ramadhani. Harga pangan yang ditampilkan bersifat realtime, maka setiap harinya harganya berubah. Harga di setiap pasarnya pun berbeda,” terangnya.

Ke depan tentunya pengembangan aplikasi ini akan dilakukan, semisal penambahan jumlah pasar, mungkin juga stok pangan yang tersedia, ujarnya.

 

CARA MENGAKSESNYA

Untuk mengakses Aplikasi Segar, Junijar memaparkan terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi Tangerang LIVE yang diberikan secara cuma-cuma di aplikasi store. Aplikasi Segar ada di dalamnya, terdapat menu harga beras, telur, minyak goreng, gula pasir, daging ayam, daging sapi, dan lainnya.

Pengunjung dapat melihat harga pangan di 6 pasar yang berbeda, dan dapat melihat harga pangan per komoditas.
Walaupun belum sefamiliar aplikasi lainnya, keberadaan Aplikasi Segar ternyata cukup membantu ibu rumah tangga dalam menentukan kebutuhan belanja keluarganya.

Misalnya, Ny Triwahyuni, warga Keroncong, yang sudah menggunakan Aplikasi Segar. “Sebagai ibu zaman now, kita perlu memiliki aplikasi semacam ini jadi tau harga pangan terkini. Buat aksesnya pun mudah, cukup pake HP android saja sudah nyambung…” ucapnya. [adv]

(Visited 314 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *