kpu kota tangerang




Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Disdukcapil Kota Tangerang Gelar Diseminasi Informasi, Maksimalkan Layanan Administrasi Kependudukan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang gelar Diseminasi Informasi Kependudukan di Gedung MUI Kota Tangerang.
Wakil Walikota Tangerang Sachrudin memberikan sambutan saat menutup kegiatan Diseminasi Informasi Kependudukan di Gedung MUI Kota Tangerang. *

TANGERANG [ProBENTENG] – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang menggelar kegiatan Diseminasi Informasi Kependudukan yang dilaksanakan di Aula Gedung MUI Kota Tangerang, Selasa (14/11/2023).

Kegiatan tersebut diikuti sedikitnya 104 Kasie Tata Pemerintahan dari 104 kelurahan se-Kota Tangerang serta 13 Kasie Tata Pemerintahan dan 13 Kasie Pelayanan Umum dari 13 kecamatan se-Kota Tangerang.

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang, Irman Pujahendra mengatakan dalam kegiatan ini mensosialiasikan sejumlah kebijakan baru terkait administrasi kependudukan, di antaranya adanya program Identitas Kependudukan Digital (IKD).

“Melalui kegiatan ini diharapkan para pegawai di kelurahan dan kecamatan mampu memberikan pelayanan administrasi kependudukan secara maksimal kepada warga Kota Tangerang,” ujarnya.

Irman menambahkan IKD sebelumnya hanya bisa diaktivasi menggunakan Playstore milik sistem Android. Namun, setelah kerja sama antara Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri RI) dan pihak Apple terjalin, peningkatan aktivasi IKD dilakukan dengan mengakomodasi pelayanan menggunakan aplikasi IKD yang ada pada Appstore di sistem iOS versi 11.0.

“Kami berharap, partisipasi masyarakat dalam melakukan aktivasi IKD di Kota Tangerang ini terus meningkat. Terlebih, saat ini aktivasi IKD Sudah bisa dilakukan menggunakan sistem Android maupun iOS,” imbuhnya.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang gelar Diseminasi Informasi Kependudukan di Gedung MUI Kota Tangerang.
Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Irman Pujahendra saat memberikan sambutan. *

Selanjutnya, Wakil Walikota Tangerang Sachrudin saat hadir dan menutup acara ini, menyampaikan Pemkot Tangerang terus mengembangkan dan meningkatkan inovasi dan layanan publik pada program Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Sachrudin menambahkan program IKD ini dapat mempermudah proses administrasi dan pembuktian identitas secara online.

“Dalam rangka perpindahan menjadi E-KTP (KTP digital), masyarakat harus tahu, pelayanan IKD itu dapat memberikan manfaat pada perlindungan data pribadi yang dimiliki,” jelas Sachrudin.

Sachrudin, mengatakan, masyarakat harus menyadari betapa pentingnya layanan informasi kependudukan dan harus lebih bijak dalam mengambil langkah preventif guna menjaga keamanan data pribadi. “Ayo manfaatkan fasilitas yang sudah ada,“ pungkas wakil walikota.

Diinformasikan dalam kegiatan ini juga turut mengundang narasumber dari Pengadilan Negeri Tangerang yang memberikan materi mengenai adanya layanan peradilan secara online. Serta Kejaksaan Negeri Kota Tangerang yang memberikan materi terkait perlindungan data pribadi serta penduduk non permanen. [adv]

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *