Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Tim Banten Kagumi Pertanian KWT Mawar Berseri RW 04 Babakan

Tim Banten bersama Pengurus TP PKK Kota Tangerang dan PKK Kecamatan Tangerang memanen tanaman Kacang. ***
Tim Penilai Hatinya PKK Provinsi Banten didampingi Pengurus TP PKK Kota Tangerang dan Ketua PKK Kecamatan Tangerang memantau kolam ikan pengembangan. ***

TANGERANG – Lokasi Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar Berseri bersama seratus rumah pertanian terbatas RW 04 Kelurahan Babakan binaan PKK Kecamatan Tangerang, Jumat (24/3/2017), kedatangan Tim Penilai Hatinya PKK Tingkat Provinsi Banten untuk penilaiannya.

Tim dipimpin Ratu Ani Karimil selaku Ketua Tim Penilai Hatinya PKK Tingkat Provinsi Banten bersama rombongan datang berkunjung didampingi Pengurus TP PKK Kota Tangerang Hj Ani Sriwahyuni, Ketua PKK Kecamatan Tangerang Hj Desi Fitria Agus Henra, Camat Tangerang H Agus Henra, Lurah Babakan H Abu Sofyan, dan sejumlah pejabat.

Tim terlihat bersemangat melaksanakan tugasnya menilai pengembangan pertanian terbatas di KWT Mawar Berseri dengan mendapat pemanduan Ketua PKK Kecamatan Tangerang dan para pengurus KWT.

Tim merasa kagum melihat lingkungan KWT dan pengembangan pertanian terbatas di 100 rumah warga di RW 04 Bakakan yang bersih, rapih, dan hijau. Tim sesekali berhenti untuk mengamati lebih jauh penanaman pohon sayur-mayur yang ditanam di halaman rumah warga, baik dengan menggunakan pot, polibek dan sistem hidroponiknya.

Tim bersama Pengurus TP PKK Kota Tangerang dan PKK Kecamatan Tangerang melihat tanaman sayuran hidroponik. ***

“Semuanya sudah cukup bagus,” kata Ratu Ani Karimil dengan kagum atas pengembangan lahan pertanian terbatas yang dikembangkan warga di sana. Dia memberi saran akan semakin baik bila warga pun mengembangkan pohon Cabe Rawit Merah sesuai anjuran Kementerian Pertanian RI.

Sesekali pula Desi Fitria Agus Henra, Ketua PKK Kecamatan Tangerang, memberi penjelasan seputar kehebatan pengembangan pertanian di lahan terbatas, termasuk saat tim melihat pertanian yang dikembangkan anggota KWT di lahan kosong kampung KWT itu.

“Ini berkat kerja-sama yang baik seluruh stake-holder di tingkat Kecamatan Tangerang, kader PKK, RT-RW, Kelurahan dan masyarakat,” katanya. Hasilnya, tambah Desi, alhamdulillah membuahkan pertanian yang baik seperti yang terlihat dengan memuaskan ini.

Ratu Ani Karimil setelah meninjau dan mendapat penjelasan Ketua PKK Kecamatan Tangerang, mengakui pengembangan KWT Mawar Berseri dan pengembangan pertanian lahan terbatas di 100 rumah di RW 04 Babakan sudah baik.

Keterangan diperoleh Hatinya (Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman) PKK merupakan program nasional sebagai suatu gerakan masyarakat yang berimplementasi pemanfaatan halaman di sekitar rumah dengan tanaman pangan dan tanaman produktif.

Sesuai aturan, penanaman di halaman itu minimal bermafaat untuk memenuhi keperluan, tabungan pendapatan keluarga, serta mampu meningkatkan fungsi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) atau tanaman hias yang mampu mencipta keindahan dan kenyamanan rumah.

KWT Mawar Berseri di RW 04 Kelurahan Babakan terpilih menjadi duta KWT Kota Tangerang karena menjadi KWT terbaik di Kota Akhlakul Karimah ini.

 

RAIH BANYAK JUARA

Ketua PKK Kecamatan Tangerang bersama pengurus PKK kecamatan dan PKK kelurahan berfoto bersama. ***

Ketua PKK Kecamatan Tangerang pun menginformasikan bahwa kader PKK, RT-RW dan masyarakat Kelurahan Babakan terkategori bersemangat tinggi untuk menjalankan program-program pembinaan kesejahteraan masyarakat, sehingga jangan heran bila sejumlah program yang dilaksanakan membuahkan prestasi terbaiknya.

Di antaranya wilayah Kelurahan Babakan masuk nominasi Kawasan Rumah Lestari (KRL) Tingkat Provinsi Banten Tahun 2016 dan salah-satu program bina keluarga lansia (BKL) di kelurahan inipun masuk nominasi Lomba BKL Tingkat Nasional Tahun 2016 yang dipusatkan di NTT.

Desi Fitria menambahkan wilayah RW 04 Kelurahan Babakan adalah salah-satu lokasi binaan PKK Kecamatan Tangerang yang terkategori baik, karena tingkat kesadaran masyarakat dalam melaksanakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sudah cukup tinggi sehingga mudah dilakukan pembinaannya.

Dalam persiapan kegiatan penilaian ini sendiri, pihaknya dibantu warga, seluruh kader PKK se-Kecamatan Tangerang, serta para lurah dan staf kecamatan. Begitu juga para dinas terkait turut membantu semisal DLH, DKPP, Dinkes dan sejumlah dinas lainnya untuk merapihkan lingkungan.

“Untuk itu kami mengucapkan terima-kasih kepada seluruh elemen yang membantu dan mendukung kegiatan ini,” ucapnya.

 

PEMBINAAN BERLANJUT

Camat Tangerang H Agus Henra diwawancarai Tim Penilai Hatinya PKK Banten. ***

Sementara H Agus Henra Fitrahiyana AP, Camat Tangerang, mengakui pihak Kecamatan Tangerang beserta jajaran kelurahan terus berupaya melakukan pembinaan ke seluruh lingkungan di wilayah Kecamatan Tangerang.

Untuk RW 04 Kelurahan Babakan pembinaan dilakukan dimulai dengan seleksi lingkungan yang dinilai masuk dalam persyaratan untuk dilakukan pembinaan lingkungan yang berkelanjutan. “Kami memulainya sejak tahun 2016,” ujar camat.

Dikatakan pembinaan lingkungan menjadi lingkungan PHBS juga dilakukan pada wilayah lainnya, dengan target pembinaan di 409 lingkungan RT dan 80 lingkungan RW yang ada di Kecamatan Tangerang.

Seperti halnya di wilayah Kelurahan Cikokol dan Kelurahan Tanah Tinggi sudah ada lokasi yang menjadi Kampung PHBS. Untuk tahun 2017, ada dua kelurahan lagi yang saat ini sedang dalam pembinaan, yaitu RW 06 Kelurahan Buaran Indah dan RW 01 Kelurahan Babakan.

Kemudian Agus juga menginformasikan, direncanakan bulan April BKB Seruni di RW 01 Kelurahan Buaran Indah dan UPPKS RW 03 Kelurahan Babakan akan mengikuti penilaian lomba kategori masing-masingnya untuk tingkat Provinsi Banten.

“Kami berharap warga Kecamatan Tangerang terus termotivasi untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat. Mengingat wilayah Kecamatan Tangerang adalah jantung Kota Tangerang yang harus menjadi contoh bagi wilayah lainnya,” pungkasnya. [adv]

(Visited 344 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *