Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Di Tanggal Akhir Nopember, Aku Dapat Dosis 4 Terakhir, Alhamdulillah

TANGERANG [ProBENTENG] – “Eh syukurlah pak, masih ada dosis terakhir nih…” ucap Petugas Gerai Vaksin Dosis 4 atau Booster 2 di Puskesmas Batuceper, Kota Tangerang kepada aku yang datang Rabu [30/11/2022] sekitar pukul 10.15 WIB, saat memberitahukan maksud kedatangan.

Lalu, sesuai prosedur aku diminta mendaftar terlebih dahulu dengan menyerahkan KTP dan didaftar petugas melalui laptopnya, di meja pertama. Setelah itu, aku diarahkan ke meja 2, dan petugas di meja ini mengukur tekanan darahku, 138/84.

Setelah itu, aku diarahkan lagi ke meja 3. Setelah dicatat di laptop, petugas lalu memvaksin dosis 4 di pangkal lengan kiriku. “Tunggu 15 menit ya,” kata petugas itu dengan ramah. Akupun mendatangi deretan kursi tersedia untuk duduk menunggu observasi pasca vaksin.

Selama menunggu di waktu ini, datang seorang pria berusia 68 tahun bermaksud meminta layanan vaksin dosis 4, tetapi dia harus kecewa. “Maaf ya pak, persediaan dosisnya habis. Bapak ini yang mendapat persediaan terakhir,” kata petugas menunjuk diriku.

Selang 5 menit, datang lagi seorang wanita ke gerai, kembali warga ini tak bisa mendapat layanan vaksin karena persediaan dosis habis.

“Nanti, kalau kiriman dosisnya datang lagi, kami akan memberi layanan lagi. Tolong sering-sering lihat Instagram Puskesmas Batuceper, kalau sudah ada pasti diinfokan di sana,” tambah petugas gerai.

SUDAH BANYAK
Keterangan diperoleh, Gerai Vaksin Puskesmas Batuceper yang dibuka di sebelah kiri gedung puskesmas di Jl Daan Mogot, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang, untuk layanan dosis 4 telah dimulai sejak awal Nopember 2022. Di setiap harinya banyak datang warga meminta layanan vaksin ini.

Disebutkan petugas gerai jumlahnya sudah sangat banyak. Petugas sendiri sesuai prosedur akan memberi layanan sesuai prioritas layanan yaitu warga lansia, warga berusia 60 tahun ke atas. Batas usia ini dicek petugas pendaftar dengan meminjam KTP warga untuk dicatat.

Warga yang usianya kurang satu hari saja dari batas 60 tahun, tak bisa dilayani pak, kata petugas. Ini sesuai aplikasi yang jadi panduan. Semisal, waktu observasi 15 menit pasca vaksin, harus sesuai waktunya. Kurang dari 2 menit dari 15 menit, aplikasi tak bisa mencatatnya, tambahnya.

TIAP PUSKESMAS
Informasi lain diperoleh layanan vaksin dosis 4 atau booster 2, sebenarnya sudah bisa diminta warga lansia di puskesmas-puskesmas terdekat, baik di Kota Tangerang maupun Kabupaten Tangerang.

Namun untuk kepastiannya, warga lansia bisa mendatangi sendiri layanan vaksin ini ke puskesmas-puskesmas yang sesuai prosedur sudah mulai membuka layanan sejak awal Nopember 2022. [cd]

 151 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: