Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Kampung-kampung di Kota Tangerang Kini Terang Benderang

Kampung Sukamanah terang-benderang di malam hari dengan terpasangnya banyak PJU dalam program Kampung Terang. *
H Saeful Rohman, Kepala Dishub Kota Tangerang

TANGERANG – Program merakyat benderangnya lampu-lampu penerangan jalan umum (PJU) di jalan-jalan dan gang-gang kampung di Kota Tangerang dalam program Kampung Terang siap dijaga Dinas Perhubungan Kota Tangerang.

Dishub telah menyiapkan 7 Koordinator Lapangan (Korlap) Perawatan PJU yang siap-siaga dari pagi hingga pukul 21.00 WIB, sepekan tujuh hari, melakukan perawatan puluhan ribu lampu PJU yang ada di jalan-jalan dan gang-gang lingkungan perkampungan warga.

H Saeful Rohman, Kepala Dishub Kota Tangerang, Jumat (14/7/2017), mengutarakan menjaga terang-benderangnya lampu PJU dalam program Kampung Terang memang menjadi pekerjaan penting jajarannya. “Kita telah menyiagakan 43 petugas perawatan PJU yang terbagi dalam 7 korlap.”

Masyarakat yang lampu PJU di kampungnya mengalami gangguan sehingga tak nyala di malam hari bisa melaporkannya kepada petugas dan petugas segera datang ke lokasi untuk perbaikannya. Laporannya masyarakat sendiri bisa melalui aplikasi Laksa, facebook PJU Kota Tangerang, dan twitter PJU Kota Tangerang.

Petugas yang siap-siaga di Sekretariat Perawatan PJU di Kantor Dishub Kota Tangerang akan segera merespon setiap laporan yang masuk. Mereka bergerak dengan menggunakan kendaraan operasional untuk memperbaikinya. Kendaraan itu terdiri dari 8 mobil berhidrolik ukuran besar, 2 mobil pick-up berhodrolik, dan sebuah becak motor (bentor).

Diakui Saeful, di setiap harinya petugas tergabung 7 korlap selalu berkeliling melakukan perawatan dan perbaikan PJU, yang rata-rata di setiap harinya bisa dilakukan perawatan dan perbaikannya sampai  50 titik.

“Kita siap memberi kenyamanan kepada masyarakat di malam hari dengan lampu PJU yang menyala,” terangnya.

 

VISI-MISI WALIKOTA

Saeful mengungkapkan kegiatan yang dilaksanakan dinasnya sesuai dengan Visi-Misi Walikota Tangerang H Arief R Wismansyah yang ingin seluruh kampung di Kota Tangerang tak ada lagi yang gelap-gulita di malam hari.

Pada butir ke-4 Misi Pembangunan Kota Tangerang dalam Visi-Misi Walikota Tangerang 2013-2018, disebutkan: “Meningkatkan pembangunan sarana perkotaan yang memadai dan berkualitas.”

Dengan penjelasan misinya, “Penyediaan dan peningkatan sarana perkotaan yang memadai dan berkualitas mutlak diperlukan sekaligus dapat untuk menjamin pemenuhan kebutuhan pelayanan dasar masyarakat dalam rangka mendukung berlangsungnya kegiatan ekonomi dan investasi secara produktif. Sarana perkotaan merupakan faktor penunjang bagi kegiatan ekonomi Kota Tangerang.”

Dengan prinsip visi-misi itu, papar Saeful, maka program Tangerang Terang yang didalamnya terdapat program pemenuhan lampu-lampu PJU jalan-jalan protokol dan program Kampung Terang mendapat perhatian yang serius dari Dishub Kota Tangerang.

“Alhamdulillah untuk pemenuhan sarana PJU jalan protokol sudah memenuhi target yang ditetapkan,” katanya.

Sementara untuk program Kampung Terang memang terus digulirkan sesuai kebutuhan masyarakat di ribuan kampung yang ada di 104 wilayah kelurahan di 13 kecamatan se-Kota Tangerang.

 

WUJUD LAYAK HUNI

Sisi lain dari suksesnya program penyediaan Lampu PJU Jalan Protokol dan Kampung Terang, papar Saeful, sebagai bentuk pelaksanaan pembangunan Pemkot Tangerang untuk mewujudkan Kota Tangerang Layak Huni.

Hingga kini berdasar catatan Dinas Perhubungan Kota Tangerang telah terpasang 35.000-an PJU menerangi jalan-jalan protokol dengan variasi kekuatan lampu 120-250 watt dan 35.000-an lampu PJU yang menerangi jalan-jalan dan gang-gang di ribuan kampung yang ada di 104 wilayah kelurahan dengan kekuatan lampu 30-40 watt.

Di tahun ini, diusulkan pula penambahan 13 bentor perawatan PJU pada program Kampung Terang. Diajukan bentor karena kendaraan becak-motor akan mampu menjelajah gang-gang untuk perbaikan dan perawatan PJU di jalan-jalan dan gang-gang perkampungan. [adv]

(Visited 393 times, 1 visits today)

One thought on “Kampung-kampung di Kota Tangerang Kini Terang Benderang

  1. Asswb haloo pju/dishub,,kami tinggal di ciledug indah-2,,pju padam udah lebih satu bulan kok blum ditangani,,,nomr tiang cld 900,901,917,924,,dsk,,tepatnya jl utama rw.07 dpan rumah bp eddyham(anggota dprd),,trims

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *