Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Kampung Pemuda Periuk: Kemeriahan Kreatifitas, Keberdayaan & Potensi Pemuda

Camat Periuk, Sumardi SPd MM, berdialog program Kampung Pemuda bersama pengurus organisasi-organisasi kepemudaan. *

PERIUK – Memberi wadah kreatifitas pemuda, membekali kemampuan berwirausaha pemuda, dan menyertakan pemuda dalam pembangunan wilayah menjadi tema unggulan Program Kampung Pemuda di Kecamatan Periuk yang digulirkan untuk memeriahkan Hari Sumpah Pemuda.

Sontak sejak pertengahan tahun sampai menjelang akhir tahun 2017, para pemuda di kecamatan sarat industri, perdagangan, dan permukiman itu bergelora memanfaatkan fasilitas Kampung Pemuda Periuk yang dilaksanakan pihak kecamatan sesuai perintah Walikota Tangerang.

Camat Periuk, Sumardi SPd MM. *

Sumardi SPd MM, Camat Periuk, Jumat (27/10/2017), mengutarakan pelaksanaan Kampung Pemuda Periuk sesuai instruksi Walikota Tangerang digelar bertepatan perayaan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh 28 Oktober. “Program ini ingin mengajak semua kaum muda untuk turut ambil bagian dalam pelaksanaan pembangun wilayah.”

Camat bersyukur program itu mendapat sambutan baik dari kalangan pemuda yang ada di 5 wilayah kelurahan se-Kecamatan Periuk. “Kami sangat respek terhadap sambutan yang baik dari para pemuda atas program yang memang diperuntukan bagi mereka ini.”

Program-program yang digulirkan, antara lain: Pertama, program mewadahi kreatifitas pemuda. Program ini di antaranya menggelar Lomba Pidato, Stand Up Comedi. Futsal Usia 16-30 Tahun, dan Festival Band, yang diikuti para pemuda dari seluruh wilayah.

Lomba-lomba yang dilaksanakan sendiri mengundang kemeriahan dan mampu memunculkan kreatifitas, bakat seni, serta bakat olahraga dari para pemuda yang menjadi pesertanya.

Kedua, program pemberdayaan potensi pemuda. Dalam program ini digulirkan program-program memberi bekal keterampilan dan pengetahuan tentang pengembangan potensi pemuda dalam berkarya dan berusaha.

Dalam program ini di antaranya digelar Sosialisasi Kepemudaan dan Wirausaha Pemuda Dalam Menghadapi Jaman Globalisasi Ekonomi, memberi keterampilan dalam pelatihan dan pendidikan, serta program serupa lainnya.

Para pesertanya sendiri adalah para pemuda dari wilayah Kelurahan Periuk, Kelurahan Periuk Jaya, Kelurahan Sangiang Jaya, Kelurahan Gebang Raya dan Kelurahan Gembor.

Khusus Sosialisasi Kewirausahaan Pemuda, papar Sumardi, bertujuan membekali dan mengajak para pemuda untuk berinovasi dalam membuka lapangan pekerjaan sendiri dengan salah-satu caranya memanfaatkan teknologi informasi (TI).

“Ini telah dilakukan sejumlah kalangan pemuda yang telah berhasil menjalankan bisnisnya melalui online…” ungkap camat.

Ketiga, program pemuda peduli pembangunan. Dalam program ini, Kecamatan Periuk mengajak para pemuda bersama ormas-ormasnya untuk turut berpartisifasi dalam program pembangunan wilayah. Tema besarnya adalah mengajak semua kaum muda untuk turut ambil bagian dalam melaksanakan pembangun di wilayah Kota Tangerang.

“Saya sangat respek terhadap peran para pemuda bersama ormasnya yang memiliki kepedulian untuk turut membantu membangun wilayah Kecamatan Periuk,” papar Sumardi.

Diakui keikut-sertaan tangan para pemuda dalam menata dan membangun wilayah memang sangat diharapkan. Sebab kalau para generasi muda tidak lagi peduli terhadap wilayahnya, maka kemajuan wilayah Kecamatan Periuk ke masa depan akan menjadi apa.

 

KEKOMPAKAN PERIUK

Komari S Sos, Sekretaris Kecamatan Periuk. *

Sementara Komari S Sos, Sekretaris Kecamatan Periuk, mengutarakan pihak kecamatan bersama para lurah dan PKK didampingi masyarakat pun terus berupaya melaksanakan sejumlah program unggulan lainnya.

Semisal menggelorakan kegiatan Kampung Pola Hidup Bersih dan Sehat (Kampung PHBS) di antaranya di RW 05 Kelurahan Periuk, RW 02 Kelurahan Gebang Raya, dan RW 04 Kelurahan Periuk Jaya.

Lalu digelar pula program pembinaan P2WKSS di RW 02 Kelurahan Sangiang dengan pendamping P2WKSS-nya di RW 04 Kelurahan Periuk Jaya.

Selain itu, papar Komari, seiring program Pemerintah Kota Tangerang yang terus berupaya mengatasi masalah banjir di wilayah Periuk, pihak kecamatan ambil bagian bersama masyarakat menyukseskan pemasangan turap di sepanjang Kali Ledug yang sampai saat ini masih berlangsung pengerjaannya.

Disyukuri dengan program ini sejumlah lokasi titik banjir yang biasanya terjadi di musim hujan, kini mulai teratasi. “Mudah-mudahan ke depan bila telah terselesaikan pengerjaan penurapannya, penanganan titik banjir bisa teratasi dengan tuntas,” harapnya.

Nasih, Kasi Kemas Kecamatan Periuk, menambahkan dalam penyertaan para pemuda dalam berbagai kegiatan, pihaknya terus berkoordinasi dengan KNPI, Karang Taruna, serta ormas-ormas lainnya yang tergabung dalam organisasi kepemudaan.

“Semuanya dilakukan karena kita semua ingin bersama-sama dalam membangun wilayah Periuk,” pungkasnya. [adv]

(Visited 304 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *