Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Komisi I DPRD Kota Tangerang Kunjungi KPU Banten

Kunjungan Komisi I DPRD Kota Tangerang ke KPU Provinsi Banten. *

BANTEN [ProBENTENG] – Komisi I DPRD Kota Tangerang melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor KPU Provinsi Banten, Rabu (11/7/2018).

Rombongan Komisi I DPRD Kota Tangerang diantaranya Ahmad Deden Fauzi, H TB Mansyur Abu Bakar, Supardi, Wawan Setiawan, dan H Mustaya Hasyim diterima Ketua KPU Provinsi Banten Wahyul Furqon di Ruang Rapat KPU Banten.

Disampaikan Ahmad Deden Fauzi, maksud kedatangannya ingin mendiskusikan sejumlah persoalan terutama menyangkut daftar pemilih. “Berangkat dari banyak hal yang terjadi di lapangan. Pertama, mungkin yang berkaitan dengan persoalan data seperti DPS, DPT, dan sebagainya. Ini kalau kita perhatikan dari tahun ke tahun, dari pilkada ke pilkada, dari pemilu ke pemilu, ini menjadi persoalan yang sangat kompleks,” ungkap Fauzi.

Sebab itu Fauzi mempertanyakan bagaimana proses penetapan data untuk DPS dan DPT. “Karena secara teknis, kita menghendaki segala sesuatunya berjalan dengan baik dan lancar,” pungkas Fauzi.

Wahyul Furqon, Ketua KPU Banten menjelaskan KPU telah melakukan upaya pendataan sebelum Daftar Pemilih Tetap itu ditetapkan. “Sebelum penetapan DPT, itu DPS. Kemudian yang pertama itu kita menerima Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), kemudian ada Coklit serentak,” ujarnya.

Kemudian KPU juga melakukan rapat koordinasi terintegrasi dengan berbagai stakeholder. Dengan Disdukcapil, Dinas Pendidikan, dan TNI-Polri. Hal ini  sebagai upaya KPU untuk mematangkan data-data tersebut. “Karena sekali lagi, bahwa kualitas demokrasi, kualitas pemilu, akan berhasil ketika proses pemutakhiran data itu baik. Karena itu, kita juga melibatkan semua stakeholder itu,” pungkas Wahyul. [imron]

(Visited 53 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *