Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Komisi II DPRD Ingin Siswa Miskin Difasilitasi di PPDB

Amarno

TANGERANG [ProBENTENG] – Komisi II DPRD Kota Tangerang menyoroti kuota siswa yang berstatus keluarga tidak mampu atau miskin dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP Negeri di Kota Tangerang.

Amarno, Sekretaris Komisi II DPRD Kota Tangerang, Kamis (20/6/2019), mengatakan PPDB dilakukan lewat jalur zonasi atau reguler, prestasi dan perpindahan orang tua. Menurutnya, terdapat 33 SMP Negeri di Kota Tangerang dengan jumlah kursi 11.000 dan jumlah siswa lulusan SD 31.000 yang menjadi calon pendaftar.

Amarno mengatakan, berdasarkan kajian Dinas Pendidikan Kota Tangerang, setiap sekolah negeri itu dapat menampung sedikitnya 300 siswa. Diestimasikan, 180 calon siswa diantaranya akan diterima di sekolah negeri lewat jalur zonasi dalam radius 6 Rukun Warga (RW) dengan jarak sekolah negeri.

Sementara 120 calon siswa diantaranya akan diterima lewat jalur prestasi dan jalur perpindahan orangtua. “Yang kami soroti adalah kuota siswa yang berstatus miskin. Bagaimana kalau siswa miskin rumahnya tidak termasuk dalam zonasi 6 RW dan tidak berprestasi?” ujar Amarno di gedung DPRD Kota Tangerang.

Amarno menambahkan, tanggungan siswa miskin pun akan berat jika bersekolah di sekolah swasta, karena hanya biaya SPP yang ditanggung pemerintah. Sementara sarana penunjang lainnya tidak.

Siswa golongan miskin pun memiliki hak untuk bisa bersekolah seperti halnya siswa pada umumnya.”Hal itu sudah kami bahas, namun Dinas Pendidikan belum bisa menjawab solusinya,” ucapnya. [ron]

(Visited 25 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *