Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

‘Meriah Jasa’ Rangkaian Acara HUT RI di Kecamatan Jatiuwung

Apel Peringatan Detik-detik Kemerdekaan RI yang dipimpin Camat Jatiuwung berlangsung hikmat dan mengundang haru di Lapangan Gandasari. *

JATIUWUNG – Antusias para pegawai Kecamatan Jatiuwung bersama pegawai kelurahan-kelurahan serta masyarakat se-Kecamatan Jatiuwung dalam memeriahkan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI di tahun ini sangat tinggi.

Mereka begitu bersemangat menggelarnya sehingga perayaan pun berubah menjadi pesta rakyat Kecamatan Jatiuwung yang sangat meriah. Ini bisa terlihat dari rangkaian acara dan kegiatan yang dilaksanakan penuh dengan rasa kebersamaan dan kesukarelawan para pegawai dan seluruh elemen masyarakat.

Rangkaian acara HUT RI dimulai sejak Bulan Juli dengan menggelar Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Merah-Putih untuk Tingkat Kecamatan Jatiuwung yang diikuti pelajar dari banyak sekolah. Seleksi ini dimulai dengan mengikuti check-up kesehatan pada 13 Juli di Puskesmas Jatiuwung,

Camat Jatiuwung bersama para lurah mendampingi Tim Penilai Lomba Kampung Merdeka Tingkat Kecamatan Jatiuwung. *

Lalu, memasuki Agustus setiap kelurahan menggelar Lomba Kampung Merdeka, yang pemenangnya akan menjadi wakil wilayah untuk Lomba Kampung Merdeka Tingkat Kecamatan Jatiuwung yang penilaiannya berlangsung 11-15 Agustus, yang berlanjut pemenangnya menjadi duta kecamatan mengikuti Lomba Kampung Merdeka Tingkat Kota Tangerang.

Bertepatan itu, kecamatan pun menggelar pertandingan olahraga dan lomba seni-budaya antar pegawai, semisal untuk pertandingan olahraga digelar Kejuaraan Futsal, Bolavoli, dan Catur. Sementara untuk seni dan budaya digelar Lomba Tumpeng, Lomba Karoke, Marawis dan Qosidahan.

Selanjutnya pada 15 Agustus dilakukan pelantikan dan pengukuhan Paskibra Kecamatan Jatiuwung oleh Camat Jatiuwung Boyke Achmad Safei di Aula Kantor Kecamatan Jatiuwung.

 

Bendera Panjang Jasa

Kegiatan yang paling menyentuh rasa kebersamaan pegawai adalah pembuatan Bendera Sangsaka Merah-Putih Panjang Jasa, yang panjangnya mencapai 360 meter dengan lebar 1,20 meter.

Bendera ini sebelum dipasang-rentang mengelilingi Lapangan Upacara Gandasari, sempat diikutsertakan meramaikan Karnaval Perjuangan yang digelar Pemerintah Kota Tangerang pada Minggu 13 Agustus 2017.

Mengarak Bendera Panjang Jasa ini sesuai permintaan Walikota Tangerang H Arief R Wismansyah yang merasa kagum dengan kebersamaan para pegawai se-Kecamatan Jatiuwung yang berinovasi-kreatif membuat Bendera Panjang Jasa.

Akhirnya, arakan membawa Bendera Panjang Jasa yang melibatkan 72 pegawai itu membuat kagum masyarakat di sepanjang jalan rute Karnaval Perjuangan yang berkeliling Jantung Kota Tangerang.

 

Keharuan Apel Rakyat

Saat digelar Apel Peringatan Detik-detik Kemerdekaan RI di Lapangan Gandasari pada 17 Agustus 2017, terlihat para pegawai Kecamatan Jatiuwung bersama Anggota Polsek Jatiuwung, Koramil Jatiuwung, para pelajar SD, SMP, SMA, Pramuka, Ormas, masyarakat dan tamu undangan, hikmat mengikuti  acara yang dimulai dengan pengibaran Bendera Sangsaka Merah Putih.

Terdengar pula 3 kali letusan suara petasan besar yang menyerupai suara meriam, selanjutnya disusul bunyi rencengan petasan sesaat Sangsaka Merah-Putih berhasil dikibarkan Paskibra.

Banyak peserta apel merasa terharu menyaksikan acara berlangsung hikmat ini karena selama ini belum pernah dilakukan apel perayaan hari kemerdekaan semeriah ini. Suasana itupun terbawa kepada masyarakat menghadiri acara di seberang jalan di depan lapangan.

Tak terkecuali Camat Jatiuwung, Boyke Achmad Safei, yang diselimuti rasa haru saat membacakan Sambutan Walikota Tangerang pada acara itu.

Disampaikan 72 tahun Bangsa Indonesia telah dianugerahkan kemerdekaan, untuk itu sebagai bangsa yang merdeka harus dapat memaknainya, jangan hanya sebagai seromonial semata. “Oleh karena itu mari kita tumbuhkan rasa kebersamaan, kegotong-royongan melalui kerja nyata, dan kerja cerdas dalam mewujudkan pembangunan di Kota Tangerang.”

Peserta Karnaval Bodoran. *

Usai upacara  pengibaran bendera, digelar Karnaval Bodoran yang menampilkan peserta dari setiap RW dari wilayah Kelurahan Gandasari. Karnaval ini mampu memberi kemeriahan yang lebih dari pesta rakyat Jatiuwung.

Selama karnaval gelak-tawa masyarakat dan tamu undangan tak berkurang saat menyaksikan tingkah-polah dan pakaian para peserta karnaval yang lucu dan menarik. Para peserta inipun dinilai tim juri.

Seusai acara di Lapangan Gandasari, digelar Lomba Tumpeng yang diikuti 16 peserta dari PKK masing-masing kelurahan, puskesmas, PGRI, dan PKK RW Kelurahan Gandasari, yang diakhiri makan tumpeng bersama.

 

Pesta Rakyat Meriah

Walikota H Arief R Wismansyah menerima wayang golek dari Lurah Gandasari. *

Sebagai puncak rangkaian Perayaan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI digelar pesta rakyat selama 3 hari, yaitu pada Jumat 18 Agustus 2017 sampai Minggu malam 20 Agustus dengan sangat meriah.

Pada Jumat malam dipersembahkan Pentas Wayang Golek dengan Dalang Kondang Ki Mursidi Ajeng dari Balaraja. Acara yang mampu mendatangkan puluhan ribu masyarakat ini dihadiri Walikota Tangerang H Arief R Wismansyah.

Acara diawali dengan pemberian Wayang Golek dari Lurah Gandasari dan Camat Jatiuwung kepada Walikota Tangerang.

Selanjutnya pada  Sabtu Malam digelar Lomba Marawis dan Lomba Qosidah yang diikuti para peserta wakil dari 6 kelurahan se-Kecamatan Jatiuwung. Acara yang juga berlangsung di Lapangan Gandasari sangat meriah dan mampu mengundang kedatangan puluhan ribu penonton.

Pada Minggu Malam sebagai acara puncak, di tempat sama pula, digelar acara pemberian hadiah dan piala kepada para pemenang berbagai lomba terkait kemeriahan Perayaan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI di Kecamatan Jatiuwung. Juga diserahkan penghargaan kepada para petugas pelaksana kegiatan Apel HUT RI dan dibagikan door-prize bagi hadirin.

Acara ini berlangsung meriah dengan hiburan Pentas Dangdutan Rakyat persembahan dari Wismilak. Acara inipun mampu mengundang puluhan ribu masyarakat.

Dadang, Sekretaris Kecamatan Jatiuwung, mengucapkan terima-kasih kepada seluruh pegawai, pengurus RT/RW,  Pengurus dan Anggota Karang Taruna, Ormas, dan para tokoh masyarakat yang telah begitu peduli terhadap kegiatan pesta rakyat HUT Kemerdekaan RI yang begitu meriah.

“Semoga ke depannya kebersamaan dan kepedulian seperti ini bisa terus ditingkatkan dalam acara-acara lainnya,” ucapnya.

Kecamatan Jatiuwung pun, tambah Dadang, merasa bangga campur rasa haru melihat partisipasi masyarakat atas keterlibatannya secara aktif menyukseskan rangkaian acara HUT RI.

“Bila biasanya dari tahun ke tahun setiap RT-RW hanya bisa merapihkan lingkungannnya dan mengibarkan Bendera Merah Putih di rumahnya, tahun ini semua lingkungan dengan secara sukarela mengeluarkan kocek sendiri untuk tampil lebih meriah lagi…” pungkasnya. [adv]

(Visited 273 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *