Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Ambulans Gratis Permudah Warga Menuju Pusat Layanan Kesehatan

Petugas Dinkes Kota Tangerang melayani pasien sakit diantarkan mobil ambulans gratis ke pusat layanan kesehatan. [dok Dinkes Kota Tangerang/ashar]
TANGERANG [ProBENTENG] – Layanan kesehatan publik melalui Program Ambulans Gratis yang diluncurkan Pemkot Tangerang sejak 17 Agustus 2016 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI hasilnya sudah banyak dirasakan warga Kota Tangerang.

“Respon masyarakat terhadap program ini sangat baik, hal ini terlihat dari cukup banyaknya warga yang sudah menggunakan layanan ini,” kata Hj dr Liza Puspadewi, Kepala Dinkes Kota Tangerang, Kamis (2/2/2017).

Diutarakan kemudahan layanan menjadi alasan peminat ambulans gratis cukup tinggi. Warga cukup menghubungi call center ambulans di nomor 021-55771135. Lalu sesegera mungkin mobil ambulans pun datang membawa warga sakit menuju pusat layanan kesehatan di Kota Tangerang.

“Layanan ini diberikan gratis, kita buka layanan selama 24 jam,” tegas Liza menerangkan.

Dalam program ambulans gratis, dipaparkan, Dinkes Kota Tangerang menyiapkan 13 armada ambulans. Ambulans-ambulans tersebut disebar ke 13 puskesmas, mewakili jumlah kecamatan yang ada di Kota Tangerang, yakni 13 kecamatan.

Masing-masing kecamatan mendapatkan 1 armada ambulans, yang ditempatkan di salah-satu puskesmas untuk menanggapi kebutuhan warga memanfaatkan layanan ambulans gratis di kecamatan tersebut.

Di setiap mobil ambulans terdapat perlengkapan oksigen dan troli untuk membawa pasien. Dinkes pun menyiapkan 1 sopir dan 1 perawat, ketersediaan perawat inilah yang membantu layanan ambulans gratis. Karena turut memberikan stabilisasi bagi pasien dan pendampingan selama menuju rumah sakit.

Liza menjelaskan pihaknya telah bekerjasama dengan seluruh rumah sakit dan klinik di Kota Tangerang melalui MoU. Inti dari MoU tersebut menyatakan setiap RS di Kota Tangerang harus menerima rujukan.

Hal ini juga terkait metode pembayarannya, “mau BPJS atau tidak menggunakan BPJS tidak masalah, yang penting laporannya dari wilayah Kota Tangerang dan pengantaran ke rumah sakitnya masih di dalam wilayah Kota Tangerang,” jelasnya.

Ke depan, kata Liza, program ambulans gratis akan dimantapkan dengan Program Pembangunan Puskesmas IGD 24 jam. Di mana akan dibangun 6 Puskesmas IGD 24 jam yang juga membutuhkan ambulans khusus gratis.

“Terkait itu, sesuai rencana akan ada penambahan armada ambulans lagi,” katanya.

Perlu diketahui Dinkes Kota Tangerang terus menggencarkan program kesehatan kepada warga Kota Tangerang. Terbaru adalah layanan home-care, yakni terdapat petugas yang mendatangi warga untuk memberikan penanganan kesehatan, termasuk memberikan edukasi tentang kesehatan masyarakat.

Adapun untuk lebih mensosialisasikan tentang program dinas, Dinkes Kota Tangerang pun menyiapkan booklet, yang nantinya akan dibagikan ke masyarakat melalui penyuluhan.

Melalui program-program baru ini Pemkot Tangerang berniat meningkatkan pelayanan kesehatan baik fasilitasnya, maupun kinerja tenaga kesehatan. [adv]

(Visited 595 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *