Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Besaran Silpa Harusnya 3-4 Persen Dari Anggaran Belanja

TANGERANG [ProBENTENG] – Beberapa rekomendasi disampaikan DPRD Kota Tangerang melalui Badan Anggaran terkait Penetapan Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018 saat Rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang, Kamis (18/7/2019). Salah satunya terkait besaran Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran  (Silpa) akhir tahun yang mencapai Rp 560 miliar.

Juru bicara Badan Anggaran DPRD Kota Tangerang Hapipi menyampaikan, meski realisasi nilai silpa dari anggaran belanja sebesar Rp 4,286 triliun masih di bawah perkiraan yang semula diprediksi lebih dari Rp 800 miliar, namun dengan angka di atas setengah triliun, kondisi tersebut terbilang masih cukup tinggi. “Ke depan DPRD berharap agar angka silpa tidak lebih dari 3 hingga 4 persen dari anggaran belanja,” ujarnya di hadapan peserta paripurna,” kemarin.

Untuk itu, Pemkot Tangerang disarankan agar tidak melaksanakan lelang proyek pada akhir tahun yang berdampak pada banyaknya gagal lelang sehingga berujung OPD tidak dapat melaksanakan program yang telah dialokasikan anggarannya. “Tapi sekaligus kami memberikan apresiasi kepada OPD Kota Tangerang yang telah berhasil meminimalkan Silpa APBD TA 2018, dan kedepan kami harapkan lebih bekerja keras untuk menyerap APBD secara maksimal dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Tangerang,” ucapnya.

Untuk diketahui, jumlah anggaran pendapatan yang ditargetkan pada tahun 2018 adalah mencapai Rp 3,94 triliun. Pendapatan ini bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 1,71 triliun dan pendapatan transfer baik dari pusat maupun provinsi sebesar Rp 2,09 triliun.

“Realisasi penerimaan pendapatan daerah pada tahun 2018 adalah  sebesar Rp 3,97 triliun atau 100, 63 persen yang terdiri dari PAD 1,86 triliun atau sebesar 109,01 persen dan realisasi transfer mencapai Rp 196 trilun atau hanya 93,73 persen dari target,” ucapnya. Sementara untuk anggaran belanja daerah adalah sebesar Rp 4,81 triliun daerah dengan realisasi Rp 4,286 triliun atau sebesar 88,97 persen dari target. [ron]

(Visited 21 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *