Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Debit Air Sungai Cisadane Terus Turun, PDAM TB Was-Was

Debit air Sungai Cisadane di depan Intake PDAM TB yang semakin menyusut. *

TANGERANG [ProBENTENG] – Hujan yang tak kunjung datang di wilayah Kota Tangerang dan sekitarnya sehingga membuat debit air Sungai Cisadane semakin menyusut. Kondisi ini membuat pihak PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang khawatir akan terganggu pelayanannya.

Ichsan Sodikin, Asisten Manager Humas dan Pengaduan PDAM Tirta Benteng, Senin (5/8/2019) mengatakan sejak sebulan terakhir debit air di Sungai Cisadane setiap harinya menyusut 5 centimeter.

Menurutnya, debit air di Sungai Cisadane saat ini berada dalam ketinggian 11,20 meter. Sementara ketinggian air pada intake 2,8 meter. “Batas level aman di intake kami adalah 2,5 meter, kalau kurang dari itu akan mengganggu kualitas air yang disedot karena banyak lumpur,” ujarnya.

Sebagai antisipasi, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk melakukan pemasangan pompa air untuk menyedot air dari tengah sungai kepada intake. “Sehingga dengan pompa Dinas PUPR intake diupayakan berada di ketinggian 3 meter,” tambahnya.

Ichsan berharap wilayah Bogor dan Tangerang segera turun hujan agar kuantitas air baku normal. Pasalnya, jika kondisi saat ini terus terjadi, suplai air hanya mampu hingga dua bulan mendatang.

“Kami juga memohon maaf kepada masyarakat atas kondisi yang saat ini sedang terjadi. Karena kalau alam kita tidak bisa berbuat apa-apa. Mudah-mudahan turun hujan,” pungkasnya. [ron]  

(Visited 47 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *