Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Didesak Terapkan Uji-coba Tugu Adipura Tanpa Lampu Lalin

Ada yang berbeda saat melintas di Simpang Tugu Adipura Jl Veteran Kota Tangerang selama 3 hari yaitu pada 9-11 Oktober 2021 yang membuat pengendara senang.
Simpang Tugu Adipura tanpa lampu lalulintas terlihat lancar

TANGERANG [ProBENTENG] – Ada yang berbeda saat melintas di Simpang Tugu Adipura Jl Veteran di pusat Kota Tangerang selama 3 hari yaitu pada 9-11 Oktober 2021 yang membuat pengendara senang.

Di simpang jalan itu, pada 3 hari itu lampu pengatur arus lalulintasnya tidak difungsikan. Sebagai penggantinya dipasang sejumlah pembatas jalan berjejeran di area persimpangan itu.

“Eh… Lalulintas jadi lancar, ada apa nih…” cetus beberapa pengguna jalan terheran-heran atas perubahan itu pada Senin (11/10/2021).

Terpantau memang arus lalulintas dari arah Jl Veteran menuju Jl M Yamin langsung berbelok ke kanan tanpa lampu merah. Lalu dari arah Jl TMP Taruna menuju Jl M Yamin juga langsung berbelok ke kiri dan memutar di Jl Veteran depan Makodim 0506 Tangerang.

Sementara dari arah Jl Veteran menuju arah Cipondoh langsung lurus tanpa lampu merah.

Para pengguna jalan mengaku awalnya agak terkejut dengan pengaturan baru ini dan mengira ada pejabat tinggi dari pusat yang datang ke Kota Tangerang. “Yang pasti model begini mampu menghilangkan kemacetan di perempatan Tugu Adipura,” kata Rizky, warga Sukasari.

 

UJI-COBA SUKSES

Namun pada Selasa (12/10/2021), model pengaturan arus lalulintas di atas berubah kembali ke awal, dengan memfungsikan lampu pengatur lalulintas. Kemacetan pun kembali terjadi di jalan-jalan menuju Tugu Adipura.

Di antaranya di Jl TMP Taruna, di Jl M Yamin, di Jl Veteran arah Babakan dan di Jl Veteran arah Cipondoh. “Oh… kemarin itu rupanya masa uji-coba,” tambah Haru, warga lainnya.

Pengguna jalan menilai uji-coba kemarin dengan setiap kendaraan dari arah Jl TM Taruna memutar ke Jl Veteran dan bisa saja selanjutnya berputar dan membelok ke Jl M Yamin, mampu mengurai kemacetan lalin menuju tugu. Karena sistem ini, tak memfungsikan lampu pengatur arus lalin, yang seringkali memakan waktu sampai 5 menit di setiap ruas jalannya.

Pengguna jalan berharap agar Dishub Kota Tangerang kembali menerapkan pola pengaturan arus lalulintas sesuai uji-coba di Simpang Tugu Adipura. Tentunya dengan perbaikan-perbaikan ke arah yang lebih baik lagi.

Ayo atasi kemacetan di pusat Kota Tangerang. [ron]

(Visited 10 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *