Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Hidupkan Gairah Membaca, Kota Tangerang Miliki Duta Baca

TANGERANG – Menghidupkan kembali gairah membaca khususnya bagi pelajar, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang menyelenggarakan Seleksi Duta Baca. Para Duta Baca ini akan menjadi motivator penggerak minat baca di kalangan remaja sebagai bagian dari suskesnya program Tangerang Cerdas di Kota Tangerang.

Hj Meita Bachraini, PLT Kepala DPAD KotaTangerang saat menyerahkan piagam kepada pengelola perpustakaan kecamatan terbaik. *

Hj Meita Bachraini, Plt Kepala DPAD Kota Tangerang, Kamis (26/7) mengutarakan saat ini minat baca di Indonesia memang masih rendah, dalam sebuah riset yang diadakan UNESCO tahun 2016 Indonesia hanya mampu menduduki peringkat ke 60 dari 61 negara yang ikut riset tersebut soal minat baca.

“Berdasar data yang kita peroleh. Di Tangerang, dari sekitar 900 ribu jiwa, hanya 6 ribu jiwa yang memiliki minat baca setiap harinya. Ini berarti hanya sekitar 0,015 persen saja,” ungkapnya pada acara seleksi Duta Baca Kota Tangerang.

Meita, mengatakan Pemkot Tangerang memiliki perhatian cukup serius dalam peningkatan minat membaca. Hal itu terlihat dari cukupi banyaknya program yang dijalankan, semisal pengembangan fasilitas perpustakaan. Selain perpustakaan daerah, dibuatkan pula perpustakaan kecamatan, ada pula perpustakaan keliling, perpustakaan mini di sejumlah taman kota, juga kegiatan story telling.

“Tersedianya fasilitas tersebut harus didukung dengan kegiatan promosi, maka kita adakan Seleksi Duta Baca yang akan menjadi penggerak betapa pentingnya membaca khususnya di kalangan pelajar. Ini akan menghidupkan kembali budaya membaca buku di Kota Tangerang yang sebelumnya redup,” terangnya.

Lebih lanjut, dikatakan langkah selanjutnya pihaknya juga sedang mengembangkan yang namanya perpustakaan digital. “Kita tak ingin ketinggalan untuk menerapkan kemajuan teknologi informasi di era modern ini, supaya memudahkan masyarakat mengakses informasi dan pengetahuan.”

Para finalis Duta Baca Kota Tangerang 2018. *

Sementara itu, Zaelani, Kepala Bidang Perpustakaan pada DPAD Kota Tangerang, menambahkan pada kegaiatan seleksi Duta Baca kedua ini, diikuti lebih dari 70 peserta dari pelajar SMA/SMK sederajat. Beragam seleksi diikuti peserta, yang kemudian terpilih 10 peserta untuk mengikuti seleksi di grand final.

“Mereka kita uji langsung untuk unjuk diri langsung dihadapan juri dan penonton. Dari sana akan terlihat potensi diri mereka, kecerdasan, jiwa kepemimpinan, serta visi dan misi sebagai duta baca,” ujarnya.

Adapun dari seleksi Duta Baca Kota Tangerang 2018, terpilih Nathania Luvena Lais dari SMAN 8 Kota Tangerang sebagai Juara I, sementara Juara II diraih Agnes dari SMA Thomas Aquino School Kota Tangerang, serta Juara III diperoleh Gabriel Maranatha dari SMAN 8 Kota Tangerang.

Dalam wawancara singkatnya, Nathania mengutarakan siap menggerakkan kembali budaya baca di Kota Tangerang, sebagaimana terangkum dalam misinya yakni mendukung Terwujudnya Tangerang Cerdas.

“Salah satu keinginan saya mengkampanyekan minat baca, secara personal maupun memanfaatkan sosial media. Bahkan saya ingin jika nanti ada (Mopus) Motor Perpustakaan Keliling,” katanya.

Tak ketinggalan pada ajang Seleksi Duta Baca Kota Tangerang 2018, DPAD KotaTangerang memberikan sejumlah penghargaan kepada Pengelola Perpustakaan Tingkat Kecamatan se-Kota Tangerang, Penghargaan Pengelola Perpustakaan Tingkat SLTA Se-kota Tangerang.

Bahkan adapula penghargaan bagi Pengelola Arsip Terbaik Tingkat SKPD se-Kota Tangerang, dan Pengelola Arsip Terbaik Tingkat Kecamatan se-Kota Tangerang. [adv]

(Visited 188 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *