Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Jadi Pusat Takjil, Pedagang & Warga Dijaring Ikuti Rapid Test

TIGARAKSA [ProBENTENG] – Menyikapi keresahan kawasan jalan lingkungan Perumahan Sudirman Tigaraksa rawan sebaran Virus Corona karena menjadi pusat kerumunan masyarakat jual-beli takjil, menyebabkan jajaran Puskesmas Tigaraksa bekerjasama kecamatan dan kelurahan menggelar Screening Virus Corona.

Kegiatan Rabu (21/5/2020) sore itu digelar dengan me-Rapid Test Massal pedagang, warga perumahan dan warga sekitar perumahan yang ada di kerumunan tersebut. 

Terjaring 80-an pedagang dan warga mengikuti rapid test, tutur dr Hj Eko Hartati, Kepala Puskesmas Tigaraksa didampingi Tim Gabungan Kelurahan-Kecamatan Tigaraksa.

Dituturkan dipilih rapid test pada sore hari karena di setiap sore hari terjadi kerumunan masyarakat berbelanja takjil dan barang lainnya.  “Berkerumunan jelas dilarang, mudah-mudahan dengan adanya rapid test bisa diketahui apakah lokasi ini benar-benar aman dari sebaran Virus Corona.”

Hasil rapid test sendiri bisa ditunggu 15-20 menit. Kalau hasilnya terkategori Reaktif Corona, maka testnya akan ditingkatkan ke Test Swab. Tim sendiri akan memberitahu hasil test kepada orang per orang pengikut rapid test.

“Kita akan hubungi lagi, bila ada yang Reaktif Corona untuk dilakukan Swab Test,” papar dr Eko Hartati.

Sesuai keterangan, Swab Test adalah pemeriksaan untuk mendeteksi Virus Corona. Tes ini juga disebut Test PCR (Polymerase Chain Reaction).

Dalam Swab Test Corona, petugas medis akan mengambil sampel apus dari saluran pernapasan, misalnya hidung dan tenggorokan. Sampel kemudian dibawa dan diperiksa di bawah mikroskop untuk mendeteksi ada-tidaknya DNA Virus Corona. *

[ch djamal / cdjamal@yahoo.com]

(Visited 31 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *