Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Kebersamaan Warga Wujudkan Keberhasilan Gelar Disinfektan

TANGERANG [ProBENTENG] – Ada kemauan dan tekad kuat bersama, kegiatan apapun bisa dilaksanakan. Tak ada kata sulit dan rumit. Kebersamaan dan sifat gotong-royong bisa mewujudkan kegiatan yang awalnya terlihat sulit menjadi mudah dilaksanakan.

Inilah yang dilakukan warga Kampung Sukamanah di Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, saat berswadaya menggelar penyemprotan disinfektan sepekan sekali dalam sebulan di permukiman mereka.

Awal kegiatan sosial-kesehatan ini bermula dari himpunan dana swadaya warga, berupa sumbangan seikhlasnya dari setiap keluarga di lingkungan RT 01, 02, 03, 04, dan 05 di RW 15 Sukasari. Setelah itu, disepakati pinjaman mesin dan alat penyemprot berikut generator mininya. Kemudian, didapat pula pinjaman mobil pick-up pengangkut mesin penyemprot.

“Semuanya didapat atas kesadaran warga Sukamanah yang menyumbangkan sedikit uang, meminjamkan peralatan penyemprot, dan meminjamkan mobil bak terbukanya…” cetus Darmaji Jusuf, Ketua RW 15 Sukasari dengan bangga.

Lalu para pemuda Kampung Sukamanah yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Sukamanah (IPS) pun mau untuk menjadi tenaga sukarelan melaksanakan penyemprotannya.
“Alhamdulilllah… Sudah tiga kali kita lakukan penyemprotan disinfektan,” urai Darmaji.

Ketiga kali penyemprotan itu, yaitu dilakukan pada pertengahan Maret, pada akhir Maret, dan terakhir Minggu 5 April 2020. Warga pun senang menyambut kegiatan yang sedikit-banyak menenangkan hati mereka terkait Pandemi Corona.

Semua fasilitas umum berupa musholla, sarana jalan lingkungan, gang-gang, sampai halaman dan bagian dalam rumah warga disemprot campuran air, wipol, byclin dan kaporit, sesuai keinginan warga.

Disyukuri warga, kegiatan mencegah sebaran Virus Covid-19 kembangan dari Virus Corona ini mendapat penghargaan dari Lurah Sukasari dan Sekretaris Kelurahan Sukasari.

Sekretaris Kelurahan Sukasari H Jejen Jaelani yang datang meninjau pelaksanaan penyemprotan pada Minggu 5 April, menyampaikan ucapan terima-kasih kepada warga RW 15 Sukasari yang telah turut berpartisipasi pada program pemerintah dalam memutus mata-rantai Virus Corona Covid-19.

“Meskipun penyemprotan disinfektan hanya menjadi salah-satu upaya mencegah sebaran virus tetapi sangat penting…” katanya.

Selanjutnya, warga harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS) di air mengalir, menjaga kesehatan diri dan rutin berolahraga, beristirahat yang cukup, tetap di rumah, menjaga jarak diri saat di luar rumah, memakai masker, dan menjaga lingkungan tetap bersih.

Semoga dengan kegiatan cegah sebaran Virus Corona secara bersama-sama ini, bisa memutus mata-rantai sebaran Virus Corona yang meresahkan ini dan akhirnya musibah ini bisa segera berlalu. [cd]

(Visited 62 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *