Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Kecamatan Jatiuwung Kini Jadi Lebih Layak Wilayah

Walikota Tangerang menandatangani prasasti peresmian proyek-proyek di wilayah Kecamatan Jatiuwung.

JATIUWUNG – Dalam pelaksanaan Program Tangerang Berbenah (PTB) dan Program Tangerang Terang (PTT), masyarakat Kecamatan Jatiuwung bolehlah berbangga hati karena kebutuhan untuk memenuhi sarana kelayakan hidup masyarakatnya sebagian besar sudah dipenuhi Pemkot Tangerang.

Wakil Walikota Tangerang didampingi Camat Jatiuwung memantau sarana jalan pavung-blok dicat warna-warni masyarakat.

Boyke Achmad Syafei, Camat Jatiuwung, Senin (9/2/2017), menyatakan kini lingkungan-lingkungan di wilayah Kecamatan Jatiuwung telah lebih bersih karena rajin dibersihkan dalam kerja-bakti masyarakat dan dibangun jambanisasi, lebih terang karena terpasang banyak lampu PJU, lebih sejahtera karena proyek bedah-rumah, dan lebih memudahkan karena banyak dibangun sarana jalan lingkungan.

Semua fasilitas kelayakan huni yang mensejahterakan itu terrangkum dalam proyek-proyek pembangunan dalam Program Tangerang Berbenah dan Program Tangerang Terang.

Camat Boyke mengakui memang masih ada beberapa usulan pembangunan peningkatan fasilitas kelayakan huni dan kalayakan tinggal masyarakat yang belum terpenuhi. “Namun saya yakin sisa pembangunan yang belum dilaksanakan akan dituntaskan sampai akhir tahun ini.”

PTB dan PTT yang diusulkan dan telah dikerjakan di wilayah Kecamatan Jatiuwung meliputi kegiatan pembangunan di 6 wilayah kelurahan, s.b.b: Pertama, program rehabilitasi (bedah) rumah warga kurang mampu. Program ini diusulkan 269 rumah kurang layak huni dan telah diselesaikan 103 rumah, tersisa 166 rumah lagi.

Kedua, perbaikan drainase. Dalam program ini diusulkan perbaikan drainase sepanjang 11.542 meter dan telah diselesaikan 1.639 meter, tersisa 9.741 meter lagi yang akan dikerjakan. Ketiga, pembangunan Jambanisasi Sehat Keluarga (JSK). Dalam program ini diusulkan pembangunan 150 JSK dan telah dikerjakan sebanyak 82 JSK, tersisa 68 JSK lagi.

Keempat, pembangunan paving-blok jalan lingkung. Dalam program ini diusulkan pembangunan jalan vaping-blok sepanjang 15.817 meter dan telah diselesaikan 12.320 meter, tersisa 3.497 meter lagi.

Kelima, pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU). Dalam program digulirkan sejak tahun 2015-2016 diusulkan pemasangan lampu PJU secara bertahap sebanyak 3.086 titik dan telah dipasang 1686 lampu PJU, tersisa 1.400 titik lampu PJU lagi.

“Melihat hasil ini, saya selaku Camat Jatiuwung mewakili masyarakat Kecamatan Jatiuwung mengucapkan terima-kasih kepada Walikota Tangerang…” ungkap Boyke.

 

2 Kantor Kelurahan

Camat Jatiuwung pun saat kunjungan Walikota H Arief R Wismansayah-Wakil Walikota H Sachrudin bersama para pejabat dalam Safari Peresmian Proyek-proyek Tahun 2016 di Kecamatan Jatiuwung yang dipusatkan di Lapangan Kelurahan Gandasari, Kamis (9/2/2017), mengusulkan langsung kepada walikota untuk merelokasi dua kantor kelurahan di wilayahnya.

Yaitu Kantor Kelurahan Jatake yang tempatnya sudah tidak lagi refresentatif lagi dan Kantor Kelurahan Keroncong yang menyempit karena adanya pelebaran jalan sehingga kantor kelurahan tak lagi memiliki lahan parkir. Mudah-mudahan, kata camat, relokasi dua kantor kelurahan ini bisa menjadi prioritas pembangunan di tahun ini.

Lalu Camat Boyke pun menyampaikan di wilayah Kecamatan Jatiuwung saat ini di setiap wilayah kelurahan telah dikembangkan dan diciptakan Kampung PHBS, Kampung Hijau, Kampung Terang, dan telah menjalankan Program Maghrib Wajib Mengaji.

Semua kegiatan ini, papar camat, dilaksanakan dengan mendapat dukungan pengurus RT/RW, tokoh masyarakat, dan elemen masyarakat, “sehingga Insya Allah dapat lebih mudah melaksanakannya.”

 

Walikota Tangerang Kagum

Walikota Tangerang didampingi Wakil Walikota Tangerang berdialog dengan pengurus posyandu saat sidak proyek yang diresmikan di Jatiuwung.

Walikota H Arief R Wismansyah yang datang didampingi pula Sekda Kota Tangerang Dadi Budaeri, Kepala Kejaksaan Negeri Tangerang, Ketua Pengadilan Negeri Tangerang, Dandim Tangerang, Kapolres Metro Tangerang Kota, jajaran kepala dinas, camat, lurah, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tangerang, menyatakan rasa kagumnya dengan antusias masyarakat Kecamatan Jatiuwung yang begitu peduli terhadap program-program pembangunan yang telah dan tengah dilaksanakan Pemkot Tangerang.

“Saya kagum masyarakat mau menjaga setiap program pembangunan yang ada di wilayah Jatiuwung,” ungkap walikota. Dicontohkan walikota kepedulian merawat dan menjaga pembangunan yang telah dilaksanakan di antaranya dengan kegiatan masyarakat memperindah sarana jalan lingkungan berpaving-blok yang dicat warna warni.

“Ini salah-satu kepedulian masyarakat terhadap pembangunan wilayah,” kata walikota. Lalu walikota memberikan contoh lainnya, yaitu kegiatan masyarakat menempatkan pot-pot bunga di tepian jalan sehingga lingkungan pun menjadi indah.

“Semoga kepedulian ini dapat terus dijaga dan ditingkatkan masyarakat, terkhusus dalam kegiatan menjaga kebersihan lingkungan dan pengolahan sampah,” ucap walikota.

 

Jatiuwung Lebih Baik

Sementara Sekretaris Kecamatan Jatiuwung, H Abdul Ghoni, di akhir acara secara khusus mengucapkan terima-kasih kepada pengurus RT/RW, kader PKK, alim ulama dan para tokoh masyarakat, yang telah hadir dalam peresmian pembangunan di wilayah Kecamatan Jatiuwung.

“Kami pun  atas nama masyarakat Kecamatan Jatiuwung mengucapkan terima-kasih kepada Walikota Tangerang, Wakil Walikota Tangerang, Sekda Kota Tangerang, beserta rombongan yang telah menempatkan Kecamatan Jatiuwung menjadi urutan pertama dalam rangkaian Safari Peresmian Proyek-proyek Kota Tangerang Tahun 2016,” kata Abdul Goni.

Ini akan memotivasi masyarakat Jatiuwung untuk terus menjaga dan merawat hasil-hasil pembangunan Pemkot Tangerang di wilayah Jatiuwung, yang pada giliranya diyakini akan mampu menjadikan masyarakat Jatiuwung yang berahlak dan berpendidikan, serta mampu memutus mata-rantai kemiskinan, sesuai harapan Pemkot Tangerang. [adv]

(Visited 219 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *