Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Kembali, Lansia & Masyarakat Antusias Ikuti Vaksin Covid-19

TANGERANG [ProBENTENG] – Lansia dan masyarakat umum  di Pusat KOta Tangerang terlihat antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar Puskesmas Sukasari di GOR A Dimyati, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Rabu (16/6/2021).

Pemantauan lokasi, antrean panjang dengan penerapan ketat protokol kesehatan dilaksanakan warga. Namun bagi lansia petugas memberi keleluasan untuk tidak antre, cukup langsung ke meja pendfataran dan mendapatkan nomor layanan.

“Wah rame ya…” cetus seorang lansia yang dijawab warga lainnya karena kali ini vaksinasi tak hanya bagi lansia saja, tetapi juga bagi masyarakat umum.

Di dalam GOR sendiri, sedikitnya dua ratusan lansia dan masyarakat umum sudah antre duduk berbaris terjaga jarak dan bermasker menunggu panggilan layanan.

Para petugas kesehatan membuka 5 meja layanan, yaitu: Meja pendaftaran dan pemberian nomor layanan, meja pemeriksaaan kesehatan, meja wawancara, meja vaksinasi dan observasi. Total waktu mengikuti kelima tahapan itu memakan waktu 90 menit.

Namun, lansia dan masyarakat umum puas mengikuti semua kegiatan itu karena mendapat layanan yang baik dari para petugas. “Dibandingkan sebelumnya memang lebih lama tetapi tak masalah karena semua berjalan baik,” kata satu lansia.

Dalam pelaksanaannya sendiri, sebagian besar lansia mengikuti vaksinasi tahap II, sementara sebagian besar masyarakat umum mengikuti vaksinasi tahap I.

 

VAKSINASI MASSAL

Keterangan diperoleh, Vaksinasi Massal Covid-19 Kota Tangerang ini diawali pelaksanaannya di Gedung Puspem Kota Tangerang yang ditinjau Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Selasa 15 Juni 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi, menerangkan pelaksanaan vaksinasi kali ini menargetkan sekitar 15.000 orang  divaksin per harinya.

Menurut dia, ada empat golongan yang menjadi target vaksinasi massal ini, yaitu: (1) Warga lanjut usia (lansia) serta pra-lansia di atas 50 tahun; (2) Para tenaga pendidik.

(3) Masyarakat rentan di antaranya disabilitas, ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) dan komorbid terkendali; (4) Petugas pelayanan publik di antaranya pelaku UMKM dan PKL.

Sementara Walikota Tangerang H Arief R Wismanyah menyebutkan puluhan ribu orang ini akan divaksin di 41 titik lokasi berbeda di Kota Tangerang.

Di antaranya di  Plaza Puspem Kota Tangerang,  Mapolsek Karawaci, di Kampus Universitas Muhammaiyah Tangerang, RS Daan Mogot, dan 38 puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan di kota tersebut. [cd]

(Visited 11 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *