Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

MTQ Jadi Sarana Tingkatkan Kualitas Mengaji Masyarakat Cipondoh

Camat Cipondoh [berkacamata] bersama Sekretaris Kecamatan Cipondoh dan para lurah se-Kecamatan Cipondoh mengikuti Pawai Taaruf MTQ XVIII Kota Tangerang. ***
Kafilah MTQ Kecamatan Cipondoh dengan membawa spanduk melangkah gagah menuju arena MTQ di Masjid Ar-Royyan. ***

CIPONDOH – Duet pemimpin baru Kecamatan Cipondoh, Camat H Kiki Wibhawa AP dan Sekretaris Kecamatan Muhamad Marwan SIP, berkeinginan meningkatkan kualitas masyarakat Kecamatan Cipondoh dalam mengaji.

Terkait itu, dalam kepesertaan Kecamatan Cipondoh di MTQ XVIII Kota Tangerang yang dipusatkan di Kecamatan Cibodas, duet pimpinan kecamatan ini mengajak tiap-tiap pondok pesantren (ponpes) yang ada di wilayahnya untuk mengirimkan santri-santriwati terbaiknya mengikuti seleksi menjadi duta kecamatan.

Besar harapan, para santri-santriwati yang menjadi qori-qoriah Kecamatan Cipondoh ini bisa meraih sukses dengan merebut gelar juara di masing-masing cabang yang dilombakan di MTQ Kota Tangerang.

“Saya optimis, apalagi kami memiliki motto Kami Datang Untuk Menang Meraih Juara Umum,”  tutur H Kiki Wibhawa AP, Camat Cipondoh saat ditemui di arena MTQ untuk memberi dukungan semangat kepada para qori-qoriah Kecamatan Cipondoh, Senin (20/2/2017).

Besarnya harapan para qori-qoriah ini mampu meraih gelar juara, karena Kecamatan Cipondoh dikenal sebagai salah-satu wilayah santri di Kota Tangerang. Ini dibuktikan dengan banyaknya pondok pasantren, masjid, mushollah, dna majelis taklim yang tersebar di 10 kelurahan.

Berdasar catatan Kecamatan Cipondoh, di wilayahnya terdapat 25 pondok pesantren, 75 masjid, 150 mushola dan 300 majelis taklim.

Sebab itu, jangan heran bila dalam kegiatan MTQ XVIII Kota Tangerang, Kafilah Kecamatan Cipondong bisa menampilkan generasi muda berbakat menjadi qori-qoriahnya, yang mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan para pengurus pondok pasantren yang ada.

 

Peserta Pawai Meriah

Reflika Al-Quran besar di atas mobil hias menjadi salah-satu warna kemeriahan Kafilah MTQ Cipondoh untuk suksesnya MTQ Kota Tangerang. ***

Dukungan besar untuk suksesnya penyelenggaraan MTQ XVIII Tingkat Kota Tangerang pun menjadi prioritas Kafilah Kecamatan Cipondoh. Sebab itu, jangan terkejut bila dalam Pawai Taaruf MTQ Kota Tangerang, kecamatan ini menyertakan 900-an personil yang berjalan kaki, menumpang mobil-mobil hias, becak hias dilengkapi bedug, sampai marchingband.

Peserta yang dikerahkan pun selain qori-qoriah bersama official-nya,  juga diikuti barisan OPD, pengurus dan anggota PGRI, para santri-santriwati ponpes, kader PKK, pengurus RT-RW, sampai tokoh masyarakat.

Buah yang didapat adalah sambutan meriah dari masyarakat yang menyaksikan Pawai Taaruf kepada Kafilah Cipondoh saat pembukaan MTQ Kota Tangerang pada Senin (20/2/2017) dengan rute dari Lapangan Palem Semi sampai Masjid Ar-Royaan. “Ini sebagai bentuk dukungan Cipondoh untuk kesuksesan MTQ Kota Tangerang,” tambah Kiki.

Sementara Muhamad Marwan SIP, Sekretaris Kecamatan Cipondoh, mengucapkan terima-kasih kepada seluruh peserta pawai, para pendamping qori-qoriah, dan masyarakat Kecamatan Cipondoh yang turut-serta dalam mendukung Kafilah MTQ Kecamatan Cipondoh.

“Mudah-mudahan harapan meraih gelar juara umum dapat terwujud agar dapat memotivasi para generasi muda menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup dan bacaan Al-Quran sebagai penyejuk hati,” ucapnya.

 

Seleksi Dari Bawah

Camat Cipondoh berjalan bersama becak hias yang membawa bedug yang dihias menarik. ***

Kamal, Koordinator Kafilah MTQ Kecamatan Cipondoh, mengakui dari 9 cabang MTQ yang diikuti oleh 25 qori-qoriah dengan berbagai golongan, semua pesertanya terpilih berdasarkan hasil penyaringan dari tingkat kelurahan sampai tingkat kecamatan.

”Lalu dilanjutkan dengan pembinaan selama lebih kurang 2 bulan oleh para pengurus LPTQ dan pengurus ponpes yang bersinergis dengan MUI dan dewan masjid,” ungkapnya.

Ada beberapa cabang potensial yang bisa mendulang gelar bagi qori-qoriah Kecamatan Cipondoh, yaitu dari cabang Sartil Quran, Pahmil Quran, Kali Grafi dan Tilawah.

Namun, tambah Kamal, tidak menutup kemungkinan kafilahnya pun dapat meraih gelar juara dari cabang MTQ lain, semisal dari cabang Qirobul Kutub, Tafsir Al-Quran, Tafsir Bahasa, Menulis Makalah Al-Quran dan Hifdzil Hadist. [adv]

(Visited 375 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *