Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Musrenbang & Political Will DPRD, Dua Saluran Aspirasi Warga

Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangerang HM Sjaifuddin Z Hamadin saat menghadiri Musrenbang tingkat Kecamatan Cibodas. [imron]
CIBODAS [ProBENTENG]Political will (kebijakan politik) DPRD dalam penyusunan anggaran saat pembahasan RAPBD bersama Pemkot Tangerang dapat dimaksimalkan oleh warga untuk mengajukan usulan pembangunan baik berupa fisik maupun non fisik kepada Anggota DPRD Kota Tangerang.

Demikian disampaikan HM Sjaifuddin Z Hamadin, Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangerang saat menghadiri Musrenbang Kecamatan Cibodas yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Cibodas, Kamis (15/2/2018).

“Jadi ada dua saluran yang dapat dimanfaatkan warga sebagai upaya merealisasikan usulan pembangunan untuk lingkungannya baik fisik maupun non fisik. Yaitu melalui Musrenbang dan political will DPRD,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Sjaifuddin ingin mengajak warga agar memahami salah satu fungsi DPRD Kota Tangerang dalam menjalankan fungsinya di antaranya fungsi penganggaran. “Sehingga diharapkan Anggota DPRD Kota Tangerang dapat memberikan kontribusi positif kepada warganya,” ajaknya.

Dijelaskan hasil-hasil musrenbang yang dimulai dari rembug warga di tingkat RT/RW kemudian berlanjut ke tingkat kelurahan, kecamatan dan kota pada akhirnya akan dibahas bersama dengan DPRD Kota Tangerang untuk melahirkan RAPBD.

“Nah pada saat pembahasan bersama DPRD inilah, kami Anggota DPRD Kota Tangerang dapat mengusulkan berbagai usulan/aspirasi dari warga yang diterimanya secara langsung, biasanya melalui mekanisme reses dan lain-lain,” tutur Wakil Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Tangerang ini.

Yang perlu ditekankan untuk warga adalah jika ingin mengusulkan suatu kegiatan pembangunan baik fisik maupun non fisik haruslah memiliki kelengkapan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat.

“Dengan demikian usulan kegiatan pembangunan tersebut dapat terbukti memang benar-benar dibutuhkan warga, sehingga usulan itu bisa terrealisasi melalui APBD,” pungkas Sjaifuddin. [imron]

(Visited 108 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *