Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Suasana Hikmat Lingkupi Penaikan Bendera Merah Putih di Jatiuwung

JATIUWUNG – Langkah demi langkah kaki berirama disajikan Paskibra Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, saat membawa Bendera Merah Putih menuju tengah lapangan upacara di Lapangan Sepak Bola Gandasari, Kecamatan Jatiuwung.

Sang Merah Putih yang sebelumnya diserahkan Camat Jatiuwung dengan penuh kewibawaan pun dengan gagah dibawa dengan pengawalan pasukan yang tertib untuk dikibarkan.

Lalu sesampai di tengah lapangan bagian depan, tempat tiang bendera berdiri tegak, pasukan membentuk konfigurasi untuk penaikan bendera. Sesaat kemudian tali-tali bendera pun terpasang dan dibentangkan 3 paskibra terpilih.

Kemudian, dengan iringan lagu Indonesia Raya, Bendera Merah Putih pun dinaikan dengan penuh hikmat, dengan seluruh peserta ucapara Detik-detik Kemerdekaan RI memberi hormat dan turut menyanyikan lagu kebangsaan itu. Sontak suasana hikmat kian menjadi-jadi.

Setelah itu, pasukan pun kembali menghadap camat dan menyatakan pelaksanaan penaikan bendera telah selesai dan mereka pun dipersilakan kembali ke tempat oleh camat selaku inspektur upacara.

“Alhamdulillah upacara kenaikan bendera berjalan hikmat, lancar, dan sukses…” ucap Camat Jatiuwung Drs Martioso Agianto seusai pelaksanaan Upacara Penaikan Bendera Merah Putih, Sabtu 17 Agustus 2019.

13 SISWI-12 SISWA

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Merah Putih Kecamatan Jatiuwung memang telah bertugas dengan baik, tertib, rapih dan lancar, menggelar upacara penaikan bendera, mulai dari pengibaran  hingga penurunannya.

Para Anggota Paskibra terdiri 25 pelajar terinci 13 siswi dan 12 siswa. Mereka adalah pelajar SMAN 7, SMAN 11, SMAN 14, SMAN 15, SMKN 1, SMKN 4, SMKN 6, SMK Madhatul Anwar, SMK Ganda Sari, SMK Yapitek, SMK Bakti Anditia, dan SMK Kartini.

Untuk menjadi Anggota Paskibra Kecamatan Jatiuwung, para pelajar ini mengikuti beberapa tahapan seleksi, di antaranya Diklat Paskibra di SMPN 16 pada tanggal 21-23 Juli, lalu seleksi kedua pada 1 Juli di Lapangan Upacara Kecamatan Jatiuwung.

Setelah dipilih, ke-25 Anggota Paskibra Kecamatan Jatiuwung yang akan bertugas melaksanakan upacara penaikan bendera dan penurunan bendera, mengikuti pemusatan latihan untuk meningkatkan kekompakan dan kerja-sama di Lapangan Upacara Kecamatan Jatiuwung, 1-10 Agustus.

Mereka pun mengikuti pengasramaan 11-18 Agustus di Rumah Dinas Camat Jatiuwung.

Kemudian untuk meningkatkan kesiapan dan memantapkan rasa percaya diri paskibra, maka dilakukan gladi-kotor dan gladi-bersih penaikan dan penurunan bendera di Lapangan Sepak Bola Gandasari, serta menjelang hari tenang pada 15 Agustus dilaksanakan Pengukuhan Pasukan Paskibra oleh Camat Jatiuwung di Aula Kantor Kecamatan Jatiuwung.

Masruri, pejabat pelaksana kegiatan, menjelaskan pemusatan latihan dilakukan untuk pembinaan karakter, mental dan disiplin pasukan, sekaligus menerapkan larangan tindak kekerasan fisik dalam mempersiapkan paskibra karena mereka bukan militer.

“Semoga dengan pembinaan ini, mental para pasukan paskibra kecamatan yang seluruhnya remaja itu menjadi berkarakter, berdisiplin, berdedikasi, dan bertanggung-jawab,” harapnya.

CAMAT  BANGGA

Drs Martioso Agianto, Camat Jatiuwung, saat diwawancarai didampingi Maulana Ari Matiar AMK SSIP, Sekretaris Kecamatan Jatiuwung, mengucapkan terima-kasih kepada seluruh pasukan paskibra dan para pembinanya.

Camat mengaku bangga dan puas dengan pelaksanaan Upacara Penaikan & Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangkaian puncak Peringatan Detik-detik Kemerdekaan RI.

“Saya berharap kepada para paskibra yang telah mendapatkan pembinaan selama ini, selanjutnya karakter yang sudah baik tersebut bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun lingkungan…” pungkas Camat Jatiuwung. [adv]

(Visited 86 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *