Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Ternyata Urus BPJS Kesehatan di Kantor Cikokol Tak Susah Kok

TANGERANG [ProBENTENG] – Pelayanan BPJS Kesehatan di masa Pandemi Covid-19 di Kantor BPJS Cikokol ternyata berlangsung relatif cepat dan nyaman. Jangan tertipu dengan jejeran parkir sepeda motor di depan kantor BPJS karena tidak semua motor yang diparkir milik tamu kantor itu.

ProBENTENG memantau proses satu warga mengurus mutasi kartu BPJS yang semula dibiayai perusahaan ke mandiri (membayar sendiri, red), pada Senin (27/7/2020), ternyata mendapat layanan relatif cepat, dilayani petugas yang ramah, dan bersuasana kantor nyaman ber-AC.

Relatif hanya 70 menit berdasarkan hitungan waktu di HP urusan mutasi 2 kartu dan tambah 1 kartu baru, selesai. Yaitu mulai pukul 08.55 dan selesai 10.05. Tinggal lagi, warga yang menjadi kepala keluarga pada keluarganya membayar premi BPJS di bulan Agustus untuk mengaktifkannya.

Layanan sendiri dimulai dengan setiap tamu yang datang dicek suhu tubuh dengan thermoscan oleh petugas satpam yang berdiri di depan gerbang. Setelah suhu tubuh baik, tamu dipersilakan mendatangi 2 petugas satpam lainnya masih di luar gedung yang siap memberi penjelasan persyaratan yang dibutuhkan.

[darsitek number=3 tag=”sembako”]

Bila persyaratan sudah dipenuhi, maka tamu dipersilakan antre dengan duduk berjarak yang telah disediakan. Bangku untuk 4 orang, diberi silang di bagian 2 bangku tengah, sehingga tamu duduk berjarak di ujung kanan dan kiri. Sementara itu, pengumuman agar para tamu harus menerapkan protokol kesehatan sebagai pencegahan sebaran Virus Corona pun terus dikumandang melalui pengeras suara.  

Setelah itu, seiring antrean yang tak lama, para tamu yang antre dipersilakan masuk ke loket awal yang berjajar 3 loket di bagian dalam gedung ber-AC.

Di sini, persyaratan diperiksa kembali kelengkapannya, didata kebutuhan layanan yang dimohon, dan diarahkan petugas. Lengkap, maka tamu dipersilakan menandatangani formulir isiannya dengan bermeterai Rp 6.000.

Setelah itu, tamu dipersilakan naik ke lantai II untuk mengurus keabsahan permohonannya. Di lantai II yang juga ber-AC, tersedia 12 loket layanan yang siap memberi layanan. Relatif hanya sekitar 30 menitan, semua tamu dilayani dengan petugas yang menuntun kebutuhan tamunya. Tuntas, pemohon pun diminta mendatangani berkas sekali lagi.

Selesai, petugas lalu menyodorkan quesioner digital tentang kepuasan layanan, keramahan petugas, dan kejelasan informasi disampaikan. Setelahnya, selesai sudah permohonan diabsahkan.

Selanjutnya, tamu tinggal mengaktifkan kartu BPJS dengan membayar premi asuransi BPJS Kesehatan di bank atau loket BPJS lainnya di hari-hari berikutnya di setiap bulannya. [ch djamal / cdjamal@yahoo.com]

(Visited 89 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *