Probenteng.com

Media Online Tangerang dan Sekitarnya

Warga Kampung Rawacana Protes Polusi Peleburan Besi PT HSI

Pengurus RW 03 bersama pengurus RT 01/03 Gandasari, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda mengadukan polusi udara PT HSI kepada Lurah Gandasari di ruang kerjanya. [wr]
JATIUWUNG [ProBENTENG] – Warga Kampung Rawacana, RT 01/RW 03,  Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, mengeluh polusi udara yang menyesakkan napas dari Pabrik Peleburan Besi/Metal PT HSI yang telah terjadi bertahun-tahun.

Sejumlah warga Kampung Rawacana, Rabu (15/8/2018), mengutarakan polusi udara ini sebenarnya telah dipersoalkan warga di tahun 2015 yang membuahkan kesepakatan PT HSI tak akan lagi melakukan peleburan besi/metal.

“Tetapi kesepakatan itu hanya berlangsung beberapa bulan saja, setelah itu terjadi lagi polusi,” cetus seorang tokoh pemuda Rawacana.

Kesepakatan tertulis antara warga Kampung Rawacana dengan PT HSI terjadi 9 Nopember 2015. PT HSI sesuai perizinan adalah memproduksi paku, mur dan baut,  bukan  perusahaan yang bergerak di bidang peleburan besi/metal.

Cecep Haerudin, Ketua RW 03 Kelurahan Gandasari, menjelaskan warga memang merasa terganggu kesehatannya dengan polusi debu besi yang membuat sesak-napas dan gatal-gatal kulit. “Ini sudah melanggar kesepakatan, untuk itu kami berharap pihak pemerintah bisa menindak-lanjuti dengan menghentikan kegiatan peleburan besi tersebut.”

Keterangan diperoleh pengurus RT RT 01/RW 03 Kelurahan Gandasari bersama tokoh masyarakat dan tokoh pemuda berrencana akan menemui pimpinan perusahaan terkait protes mereka. Sebelumnya mereka pun telah meminta izin melakukan aksi ini setelah berdialog dengan Lurah Gandasari. [wr]

(Visited 180 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *